Langsung ke konten utama

Featured Post

Potensi Hutan Ditangan KTH Manunggal Lestari Desa Karangpatihan

Salah satu program Kementerian Kehutanan yang saat ini digenjot kegiatannya adalah mensukseskan terbentuk dan berkembangnya Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). KPH merupakan pengelolaan hutan yang dilaksanakan sampai pada tingkat unit pengelola yaitu kesatuan pengelolaan hutan terkecil sasuai fungsi pokok dan peruntukannya yang dapat dikelola secara efisien dan lestari. Hal ini diyakini bahwa pengelolaan hutan sampai tingkat tapak merupakan sistem yang dapat lebih menjamin terwujudnya kelestarian fungsi dan manfaat hutan baik dari aspek ekonomi, ekologi maupun sosial.



Berbicara tentang pengelolaan hutan secara lestari tentu saja tidak semata mata membicarakan bagaimana secara lestari produksinya saja. Akan tetapi berbicara ekosistem secara utuh termasuk salah satu unsur penting di dalamnya adalah masyarakat yang ada atau tinggal di dalam / di sekitar kawasan hutan KPH tersebut.


Untuk mengelola dan memanfaatkan potensi hutan di Desa Karangpatihan yaitu dengan membentuk Kelompok Tani Hut…

KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT)


Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa.

Secara umum MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah salah satu di antara sarana pendidikan islam atau tarbiyah islamiyah dalam rangka membina jiwa seorang muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual (fikriyah), sehat secara jasmani (jasadiyah), tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.

Sambutan panitia MABIT

MABIT yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo (HMPSPAI UNMUH) ini pertama kalinya diadakan di Desa Karangpatihan. 
Acara ini berlangsung pada tanggal 26-27 Mei 2019 di Masjid Abdullah Al-Hadul. Beberapa kegiatan pun diadakan untuk meramaikan acata tersebut.

Pengobatan gratis

Lomba pakai mukena

Lomba tilawah

Buka bersama dengan masyarakat


Komentar

Postingan Populer